Teman Mahasiswa ala Asus : Makin produktif dan kreatif bersama ASUS E202, notebook berukuran 12 inci dengan baterai yang tahan lama

LOMBA-BLOG-ASUS-E202.png

Bismillah

Assalamualaikum Wr Wb

Disini, gue mau berbagi sedikit ala-ala mahasiswa. Sebagai mahasiswa baik nan budiman, ada saatnya gue perlu menurunkan wejangan-wejangan ala mahasiswa ITB. Cielaah…

Selama satu tahun menempuh masa studi, gue merasakan kegalauan amat sangat ketika dihadapkan dengan sebuah pilihan apakah perlu ke warnet untuk mengerjakan tugas atau terpaksa ke temen buat minjem laptop. sayangnya gue memilih jalan terbaik, yaitu tidak mengerjakan tugas. Alhasil, hancurlah IP di semester genap kemarin. Demi mengembalikan semangat Soekarno untuk membuktikan bahwa 10 pemuda cukup untuk mengguncang dunia, disinilah gue berkutat dengan tulisan yang sekaligus sebagai wejangan demi memperkenalkan sebuah produk Mahasiswa-Able dari Asus.

Asus EeeBook E202

Satu hal yang gua suka dari nama produk ini ialah penggunaan E sebanyak tiga kali. Hal ini bikin gue demen kalau gue ditunjuk buat promosiin ini barang

“Kita persembahkan, produk terbaru Asus E E E Eaaaa… E E E Eaaa… E E E Bokk E 202”

Balik lagi ke produk ini, produk Asus EeeBook E202 ini menurut gue adalah produk yang cocok dipakai mahasiswa dengan segala kelebihan kekurangannya. Buat lebih Asoynya, kita pindah nih ke bawah :

Spesifikasi Umum

  • Dual-Core Intel Celeron Processor N3050
  • Windows 10
  • Layar 11.6 Inchi/136×768 Pixel
  • Grafis Intel HD
  • 500 GB HDD
  • 2GB DDRL Memory
  • USB 3.1 Type-C ;USB 3.0 ;Bluetooth 4.0 ; Wi-Fi
  • Baterai 8 Jam
  • 1 Tahun Garansi Global

 

1.Body

15626440_10154668443582324_4504034606315962051_o

Sebagai salah satu Notebook andal keluaran Asus, Asus EeeBook E202 ini memiliki body yang dinamis nan stylish. Ibarat artis, udah cakep deh kaya Pevita Pearce. Menurut gua enaknya pake Notebook adalah  mudah dibawa-bawa dan Asus EeeBook E202 ini udah pas banget bagi kegiatan mahasiswa karena dengan ukuran 193 x 297 mm, Notebook satu ini cukup di tas, baik tas gendong atau backpak, maupun tas selempang, atau bahkan tas jinjing yang biasa cewek pakai. Kalau diibaratkan sama benda lain, Notebook ini gak lebih besar dari ukuran kertas A4 yang menjadi kebutuhan mahasiswa loh!

“Tapi kak, kan kalau bawa ginian beratL”

Engga juga, kalau kalian tau, Notebook milik Asus ini cuman memiliki bobot di 1.21 Kg, gak jauh sama berat-berat dumbell paling ringan. Lumayan kan, walaupun ringan, sedikit demi sedikit bisa bentuk tubuh kita juga apalagi bagi mahasiswa sibuk yang udah mulai melupakan olahraga.

“Tapi kak, Notebook tuh warnanya suka monotonL”

Engga juga lagi karena notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue, dan Red Rouge. Jadi, siapapun kalian, dan bertipe apapun kepribadian, ada kok warnanya yang cocok buat penampilan. Selain cocok, warna yang ditampilkan juga bikin stylemu makin keliatan. Jadi, gausah malu-malu lagi pake notebook satu ini kalau lagi nongkrong di café atau perpustakaan kampus.

“Tapi kak, masih kurang menarik nihL”

Eitss, Tenang, karena gua bakal lebih bahas lagi mengenai body. Pertama, soal bagian luar yaitu body yang melekat dengan LD ini memiliki lekukan-lekukan di setiap sudutnya bikin tampilan notebook satu ini gak kaku. Kedua, lubang-lubang yang tersedia, terbagi rata di bagian kiri dan kanan sehingga kalau kalian memerlukan semua lubang tersebut, dari mulai SD Card, USB Port, dan Audio kabel, perangkat tambahan kalian, kalian gaakan ribet ngurusin kabel yang saling beradu. Ketiga, dibagian bawah ada LED yang nunjukin aktivitas Notebook kalian.

“Tapi kak, kalau notebook kan ribet touchpadnyaL”

Terakhir nih ya, soal touchpad, kalian gak perlu lagi risih karena touchpad mini bawaan notebook. Sekarang, Asus mulai menghadirkan Touchpad yang lebih luas walaupun dihadirkan dalam sebuah notebook yang berukuran praktis. Selain itu, touchpad yang dihadirkan juga tetap memiliki kualitas unggulan seperti bagian bawah touchpad berbentuk dua persegi pengganti tombol mouse kiri dan kanan. Ini berarti, kalian gak perlu ribet mengetuk dua kali untuk mengaktifkan tombol mouse. Cukup tekan pada tempat yang disediakan.

 

2. Daya tahan dan USB Port

15626512_10154668443637324_3684601678470212100_o

Seperti notebook yang terlahir baru, banyak pertanyaan di kepala mengenai

“Berapa lama sih Notebook ini bisa dipakai tanpa charger?”

Dan Kabar gembira untuk kita semua karena Asus EeeBook E202 sebagai notebook berukuran A4 ini menggunakan prsesor intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam, dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibanding USB 2.0

Maksudnya, jika kalian menghabiskan waktu menunggu gebetan yang tak kunjung si sebuah café, maka dapat dipastikan kalian gaakan sadar kalau gebetan kalian ternyata ga datang sampai kalian menyadari bahwa notebook telah mati dan hari sudah gelap. Padahal, kalian mulai menunggu gebetan dari siang hari. Lama bukan?

Lalu untuk port 3.1 ini memudahkan kalian mencolokkan USB apalagi bagi yang gak sabar dan suka asal colok aja tanpa merhatiin kecocokan lubang dan colokan. Selain itu, diibaratkan jika kalian fakir kuota yang sedang meminta film bajakan pada teman, kalian hanya perlu ke WC untuk buang air dan menyalin film pun selesai. Coba bayangin kalau port yang dipakai adalah port 2.0, maka kalian perlu buang air besar agar proses menyalin film selesai.

Namun ada yang salah.

Yang salah adalah kalian dilarang untuk menyalin film bajakan apalagi mendownloadnya. Cintailah sebuah karya karna originalitasnya.

 

3. Layar

Sebagai Notebook yang praktis, kekhawatiran gua pribadi juga jatuh pada kualitas layarnya. Apalagi Notebook dengan banderolan harga sekitar 3 Juta Rupiah, ada kekhawatiran mengenai kualitas layar. Sayangnya, Asus masih sayang dengan para penggunanya, khususnya mata para pengguna karena Asus EeeBook E202 ini dilahirkan dengan layar hampir mendekati ukuran TV atau 11.6 Inhi dengan Resolusi 1366×768 Pixel. Dengan resolusi sebesar itu, apalagi dibekali prosesor grafis Intel HD, kualitas gambar yang ditampilkan Notebook satu ini bakal terlihat jernih dan cenderung tajam. Jadi, walaupun Notebook biasa dikenal dengan gadget untuk aktivitas biasa, tapi dengan Notebook satu ini, aktivitas-aktivitas biasa seperti nonton film bakal menjadi sebuah momen luar biasa.

Performa

Sebuah gadget baik Laptop, Notebook, atau Netbook, biasa dinilai performanya lewat tiga hal, yaitu Prosesor, Kartu Grafis, dan RAM. Dan karena Grafis sudah dibahas dan menurut gua kualitasnya memiliki dua jempol, maka soal grafis bakal diganti dengan kapasitas memori penyimpanan.

Soal prosesor, Notebook ini dibekali Intel Celeron N3050 yang sudah dual core. Dengan prosesor ini, kegiatan kalian untuk ukuran bawah ke menengah bakal dilayani dengan baik oleh prosesor satu ini. Prosesor satu ini bakal bisa menemani kamu melewati software-software ringan hingga sedang. Makanya, notebook ini gabakal menghambat aktivitas kalian.

Soal memori penyimpanan, dengan ukuran notebook praktis seperti ini. HDD 500 GB sudah sangatlah besar. Jika kalian menyimpan sebuah file mahasiswa berukuran 100 MB saja, itu berati kalian bisa menyimpan 5000 File dengan ukuran sama. Sayangnya, janganlah kalian buat 500 GB hanya untuk data, lelah gua pastikan.

Terakhir, RAM yang sudah 2 GB ini merupakan type DDR3L yang memiliki kapasitas kecepatan dalam memproses kerja lebih baik dari tipe-tipe sebelumnya. Makanya, RAM ini menjadi pendukung penting dalam menjalankan hari-hari bersama prosesor dan kartu grafis.

4. Tips pemakaian

Secara pribadi, gua merupakan pemakai gadget yang sudah lama sekali. Dimulai dari TK aja, gua udah mulai pake sebuah komputer tabung hingga berevolusi menjadi smartphone. Selama pemakaian ini, gua menemukan hal dan belajar dari kesalahan gua, gua mau berbagi tips soal pemakaian Notebook:

Pertama, pakailah setiap sudut penyimpanan, atau 500 GB HDD Notebook Asus EeeBook E202 ini dengan baik. Caranya? Buatlah setial file kalian sebuah tempat atau folder, sesuaikanlah, sehingga selain tampilan dari tempat menyimpan kalian rapi, ini juga membantu performa notebook agar bekerja lebih baik.

Kedua, pakailah pelindung layar. Pelindung layar disini berfungsi agar kualitas layar kalian lebih baik dan tetap terjaga. Jika suatu saat kalian merasa layarnya sudah mulai kotor, kalian bisa mengganti pelindung layar dengan yang baru. Walaupun merogoh kocek lagi, tapi layar kalian bakal tetap terjaga kualitasnya.

Ketiga, pakailah pelindung keyboard. Lubang-lubang di keyboard merupakan salah satu penyumbang debu yang membuat performa notebook kalian menurun seperti cepat panas atau booting yang lama. Ini diakibatkan notebook lebih cepat panas karena kipas terganggu oleh kehadiran si debu ini. Makanya, pakailah pelindung keyboard. Namun, tetaplah pakai pada waktunya saja karena keyboard juga membutuhkan asupan udara.

Keempat, jika tidak diperlukan, cabutlah baterai laptop. Hal ini demi menjaga kualitas baterai karena sering terjadi kasus jika baterai merupakan bagian vital baik Laptop, Notebook, ataupun Netbook. Dengan begini, selain kalian bisa menghemat uang agar tidak membeli baterai baru, kualitas Notebook pun bakal lebih terjaga.

Kesimpulannya, Notebook Asus EeeBook E202 ini merupakan Notebook yang cocok bagi siapapun kalian apalagi bagi kalian yang sering beraktifitas jauh dari stop kontak. Dengan harga kisaran 3 Juta rupiah, kalian bukan cuman asal membeli barang ber-merk, tetapi kalian juga membeli sebuah kualitas dari yang ditawarkan Asus sendiri

Sekian dan Terimakasih

 

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

Tinggalkan komentar